YUK! Ke Perpusnas RI

by - December 16, 2018


YUK ke PERPUSNAS RI


            Assalaamu’alaikum gengs..
            Balik lagi ya ke blog aku. Kali ini aku bakal ngasih tau tentang PERPUSNAS RI. Udah pada tau belum nih Perpusnas RI itu apa? Hayoo tau gak? Gak mungkin gak tau ya, udah pasti pada tau lah ya.
            Yaps.. Perpusnas RI itu adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Nah, Perpusnas ini merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian, yang fungsinya itu sebagai perpustakaan Pembina, perpustakaan penelitian, perpustakaan rujukan, perpustakaan sebagai sumber rujukan dan pelestarian, dan juga pastinya perpustakaan yang berkedudukan di Ibukota Negara.

            Ternyata Perpusnas RI ini merupakan Perpustakaan gedung tertinggi lho di dunia. Percaya gak? Kalau gak percaya coba kalian cari buktinya sendiri, soalnya aku gak bakal bahas ini hehe. Jadi,  pada tanggal 14 September 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Perpunas baru yang beralamat di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, yang awalnya beralamat di Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat. Nah, Perpusnas ini terdiri dari 24 lantai. Wahh!!!! pantes aja dong kalau di sebut perpustakaan tertinggi, wong ada 24 lantai. Apa aja sih isinya sampe 24 lantai begitu? Nih, aku kasih tau isi nya.
Lantai 1 : Lobi Utama
Lantai 2 : Ruang Layanan Keanggotaan Perpustakaan dan Ruang Teater
Lantai 3 : Zona Promosi Budaya Baca
Lantai 4 : Ruang Pameran Koleksi Perpustakaan
Lantai 5 : Ruang Pustakawan
Lantai 6 : Data Center
Lantai 7 : Layanan Anak, Lansia, dan Disabilitas
Lantai 8 : Layanan Audiovisual
Lantai 9 : Layanan Naskah Nusantara
Lantai 10 : Layanan Deposit
Lantai 11 : Monograf Tertutup
Lantai 12 : Ruang Baca Pemustaka
Lantai 13&14 : Layanan Koleksi Buku Langka
Lantai 15 : Layanan Referensi
Lantai 16 : Layanan Koleksi, Foto, Peta, dan Lukisan
Lantai 17 : Kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lantai 18 : Kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lantai 19 : Layanan Multimedia
Lantai 20 : Layanan Koleksi Berkala Mutakjir dan Bidang Ilmu Pengetahuan
Lantai 21&22 : Layana Monograf Terbuka
Lantai 23 : Layanan Koleksi Bangsa-bangsa Dunia dan Majalah Terjilid
Lantai 24 : Layanan Koleksi Budaya Nusantara, Executive Loungee dan Ruang Penerimaan Tamu Mancanegara
Sebelum kalian bisa menjelajahi Perpusnas ini, kalian wajib punya kartu anggota perpusnas ya. Buat daftarnya itu secara online, tempat untuk daftarnya ada di lantai 2. Syarat bisa menjadi anggota minimal SLTA.  Setelah mendapatkan kartu anggota, baru deh kalian bisa menjelajahi Perpusnas.
Kalian orang sibuk? Kalian Cuma ada waktu weekend? Etsss.. tenang. Sekarang Perpusnas gak cuma buka di hari kerja lho, hari weekend juga tetep buka tau, kecuali hari-hari besar yaitu tanggal merah, baru deh tutup. Jadi kalau hari biasa itu jam bukanya dari pukul 08.30-18.00 WIB, kalau hari weekend yaitu Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00-16.00 WIB. Jadi gak ada alasan kalian gak ada waktu buat berkunjung ke Perpusnas ya :)
Oh iya, Gedungnya tepat banget di depan Monas (Monumen Nasional). Jadi kalau kalian jalan-jalan ke Monas, jangan lupa juga dateng ke Perpusnas ya. Disana banyak spot-spot yang bagus banget buat kalian yang suka foto, dan yang pasti bakal banyak pelajaran yang bisa kalian dapet. Pokoknya yang belum pernah kesana, kalian wajib banget deh buat berkunjung ke Perpusnas. Soalnya, kalau kalian berkunjung ke Perpusnas pasti dibuat takjub deh, pasti bakalan ilangin semua pikiran kalian bahwa perpustakaan itu isinya cuma buku-buku yang berjejer di rak. Bukan. Bukan kaya gitu! Perpusnas ngebuktiin bahwa pemikiran kaya gini tuh salah. Gak percaya? Makanya datang langsung ke Perpusnas. Jangan diem-diem bae :D . mau jalan-jalan yang berfaedah? PERPUSNAS jawabannya!

You May Also Like

0 comments